Sunday 11 November 2012

tata cara Puasa Senin Kamis (the procedure of Monday And Thursday Fasting)

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Banyak dari kita menyangka bahwa puasa senin dan kamis harus di lakukan pada dua-duanya. sehingga ketika telah berpuasa senin dan tertinggal pada hari kamisnya, berpikiran bahwa puasanya tidak sah.

Cara puasa senin kamis adalah seperti puasa sunnah pada umumnya. dan yang perlu di ketahui adalah bahwa hari senin adalah amalan tersendiri, dan hari kamis adalah amalan tersendiri. Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس، فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم

Artinya : "(pahala) Amalan di angkat pada hari senin dan kamis, maka aku menyukai jika ketika amalanku di angkat aku dalam keadaan berpuasa." (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dan ketika di tanya tentang puasa senin dan kamis, Beliau juga bersabda khususnya pada hari senin :


ذاك يوم وُلدتُ فيه وأُنزلَ عليَّ فيه

Artinya : "Hari itu aku di lahirkan dan pada hari itu (pula) wahyu di turunkan kepadaku." (HR Muslim)

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- tidak mensyaratkan bahwa harus di lakukan pada senin dan kamis dan tidak boleh melewatkan salah satu hari tersebut. akan tetapi senin adalah amalan tersendiri dan kamis pun begitu, karena beliau mengatakan bahwa (pahala) amalan di angkat pada hari senin dan kamis.

Niat Puasa Senin dan Kamis

Adapun niat adalah niat hendak puasa senin atau kamis. dan niat di lakukan sebelum fajar hari senin atau kamis. dan pada puasa sunnah di perbolehkan niat pada tengah-tengah hari. di riwayatkan dari 'Aisyah -radhiallahu 'anha- berkata :

كان رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- إِذا دخل عليَّ قال : هل عندكم طعام؟ فإذا قلنا : لا ، قال : إني صائم

Artinya : "Ketika Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- masuk kepadaku dan bertanya : apakah engkau memiliki makanan? aku berkata : tidak, beliau berkata : berarti aku puasa." (HR Abu Daud)

Adapun tempatnya niat adalah di dalam hati, dan tidak ada lafadz niat puasa senin kamis yang di riwayatkan dari Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam-. dan niat dalam ibadah pada umumnya adalah dalam hati.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Banyak sekali keutamaan yang terdapat dalam puasa senin dan kamis. berikut adalah beberapa keumataan yang terdapat pada puasa senin kamis, dan puasa sunnah lainnya.

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- bersabda :

إن في الجنة بابًا يقال له‏:‏ الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال‏:‏ أين الصائمون‏؟‏ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد‏‏

Artinya : "Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya "Ar-Rayyan," yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi." (HR Bukhori dan Muslim)

عن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس

Artinya : "Dari 'Aisyah -radhiallahu 'anha- : bahwa Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam- sering melakukan puasa senin dan kamis." (HR Ibnu Majah, At-Tirmidzi dan An-Nasai)

Dan masih banyak lagi hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan puasa senin kamis secara khusus dan puasa-puasa sunnah lainnya secara umum.

































- Procedures for fasting on Mondays and Thursdays

Many of us think that fasting on Monday and Thursday should be done in two ways. so when it has fasted Monday and left on the day On Thursday, thinking that the fast is not valid.

How fast is like fasting on Mondays and Thursdays sunnah in general. and who needs to know is that Monday is the practice itself, and Thursday is the practice itself. Muhammad-sholallahu 'alaihi wasallam-said:

تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس, فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم

It means: "(reward) Practice in the lift on Monday and Thursday, so I prefer that when I lift amalanku in the state of fasting." (Reported by At-Tirmidhi and Ibn Majah)

And when asked about fasting on Mondays and Thursdays, he also specifically said on Monday:

ذاك يوم ولدت فيه وأنزل علي فيه

Meaning: "That day I was born, and the day was (also) sent down revelation to me." (Reported by Muslim)

Muhammad-sholallahu 'alaihi wasallam-does not require that it should be done on Monday and Thursday and should not miss one day. however, is the practice of its own Monday and Thursday was so, because he said that (the reward of) deeds in the lift on Monday and Thursday.

- Intention Fasting Monday and Thursday

The intention is the intention of going to fast on Monday or Thursday. and intent on doing before dawn on Monday or Thursday. and the sunnah fasting intentions are allowed in the middle of the day. in riwayatkan of 'Aisha-radhiallahu' anha-said:

كان رسول الله - صلى الله عليه وسلم - إذا دخل علي قال: هل عندكم طعام? فإذا قلنا: لا, قال: إني صائم

Meaning: "When Muhammad-sholallahu 'alaihi wasallam-go to me and asked: do you have any food? I said no, he said, means I'm fasting." (Reported by Abu Dawud)

As for where the intention is in the heart, and there is no intention of fasting on Mondays and Thursdays lafadz that riwayatkan of the Prophet-sholallahu 'alaihi wasallam-. and intention in worship in general is in the heart.

- The virtue of fasting on Mondays and Thursdays

There are so many that there is virtue in fasting Monday and Thursday. The following are some keumataan contained on fasting on Mondays and Thursdays, and other sunnah fasting.

Muhammad-sholallahu 'alaihi wasallam-said:

إن في الجنة بابا يقال له: الريان, يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون? فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم, فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Meaning: "Verily in Paradise there is a door called" Ar-Rayyan, "which will be entered by those who are fasting later on the Day of Resurrection, will not go out of the door but people who like fast. At say: Where were people who love fast? then they stood and did not go through that door unless they, when they had entered, the door closed so that no one enters through it again. " (Reported by Bukhari and Muslim)

عن عائشة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس

Meaning: "From 'Aisha-radhiallahu' anha-: that the Prophet-sholallahu 'alaihi wasallam-frequent fasting Monday and Thursday." (Reported by Ibn Majah, At-Tirmidhi and An-Nasai)

And many more hadiths that explain the virtues of fasting on Mondays and Thursdays in particular and other sunnah fasts in general.

1 comment: